Program Studi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir

Geduang Perkuliahan FUSA

Program studi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir merupakan salah satu program studi yang ada di Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Imam Bonjol Padang. Program studi Ilmu al-Qur’an dan tafsir yang pada awalnya bernama program studi Tafsir Hadis, telah menyelanggarakan pendidikan sejak tahun 1989. Ini berdasarkan keputusan Rektor IAIN Imam Bonjol Padang Nomor 29 tahun 1989. Kemudian diperkuat oleh keputusan Menteri Agama RI melalui Dirjen Pembinaan Kelembagaan Nomor E/153/1999.

Perubahan nama program studi tafsir hadis menjadi program studi ilmu al-Qur’an dan tafsir, tidak terlepas dari kebijakan pusat, yakni keluarnya Peraturan Dirjen Pendis Nomor 1429 tahun 2012 tentang penataan program studi di lingkungan PTKI. Dalam lampiran peraturan ini, program studi tafsir hadis diminta untuk menyesuaikan dengan Peraturan Menteri Agama Nomor 36 Tahun 2009. Terdapat dua pilihan program studi, yakni prodi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir dan Ilmu Hadis. Prodi tafsir hadis boleh memilih salah satu di antaranya dengan mempertimbangkan sumber daya manusia (dosen).

Kemudian atas berbagai pertimbangan, terutama sumber daya manusia, akhirnya ditetapkan perubahan nama tafsir hadis menjadi program studi ilmu al-Qur’an dan Tafsir. Perubahan ini secara legal ditetapkan melalui SK Dirjen Pendis nomor 6911 tahun 2017 tentang penyesuaian nomenklatur program studi pada UIN Imam Bonjol Padang. Sejak lahir keputusan tersebut penggunaan nama program studi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir resmi mengganti prodi tafsir hadis, termasuk akreditasinya. Status terakreitasi B (SK BAN-PT nomor 032/BAN-PT/Akred/S1/2015) pada rogram studi tafsir hadis otomatis tidak dilepaskan dari program studi penggantinya, yakni ilmu al-Quran dan tafsir.

Selama lebih kurang 30 tahun pengabdiannya, program studi ilmu al-Qur’an dan Tafsir telah memberikan kontribusi yang besar bagi perkembangan ilmu pengetahuan di Indonesia. Dalam usianya yang semakin mapan, program studi Ilmu al-Quran dan Tafsir terus melakukan evaluasi dan inovasi guna menjamin pendidikan berkualitas bagi generasi muda bangsa [.]