Berkiprah di masyarakat bagi mahasiswa merupakan tantangan tersendiri, terlebih Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun ini dilakukan secara tematik dan di tengah suasana pandemi covid-19. KKN yang dibuka oleh Rektor UIN IB, Prof. Dr. Eka Putra Wirman, Lc, MA, pada tanggal 23 Juli 2020 secara online, diikuti oleh 2.574 mahasiswa. Terdapat sekitar 76 orang mahasiswa program studi ilmu al-Qur’an dan Tafsir yang ambil bagian dalam kegiatan tersebut.

Ketua program studi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir, Toni Markos, M.Ag, yakin bahwa mahasiswa prodi IAT mempu melaksanakan KKN dengan baik. Menurutnya, rata-rata yang ikut KKN itu adalah mahasiswa yang sudah semester enam, selama enam semester mereka sudah dipersiapkan dengan berbagai mata kuliah agar mahasiswa mampu menerapkan ilmunya bagi kepentingan masyarakat. Hal ini sesuai dengan tujuan program studi, yakni Terwujudnya solusi responsif terhadap problem sosial keagamaan yang muncul di masyarakat berbasis penafsiran al-Qur’an.

Biasanya, kata Toni Markos, mahasiswa IAT selalu tempil terdepan dalam setiap kegiatan KKN, karena yang mereka pegang itu adalah al-Qur’an dan inilah yang sengat dibutuhkan oleh masyarakat. Ketika ditanya terkait pelaksanaan KKN dalam situasi pendemi, apa yang bisa  mahasiswa IAT lakukan? Menurut ketua prodi IAT, terkait situasi pandemi kita ingatkan pada mahasiswa yang KKN untuk tetap menjaga protokol kesehatan covid-19, meskipun mereka berada di kampung-kampung.

Terkait kegiatan selama KKN mahasiswa IAT bisa melakukan berbagai hal yang bernilai manfaat bagi masyarakat, terlebih dalam kondisi pendemi, mereka bisa membantu orang tua siswa dalam belajar, misalnya belajar al-Qur’an, agama Islam, dan lain-lain. Selama pandemi, tempat mengaji anak-anak banyak yang ditutup, nah mahasiswa IAT bisa datang langsung ke rumah-rumah masyarakat atau membuat kelompok belajar, kemudian mengajarkan al-Quran. Jadi meskipun pandemi covid-19, anak-anak tidak boleh pandemi buta al-Qur’an. pungkasnya [.]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *