Pandemi Covid-19 tidak menghalangi para akademisi dalam menggali dan mengembangkan ilmu. Bahkan seminar virtual atau Webinar marak dilakukan oleh berbagai lembaga dan perguruan tinggi. Adalah Program Ilmu Hadis UIN Sunan Kalijaga bekerjasama dengan ASILHA mengadakan webinar dengan tajuk “Studi Hadis Kawasan”. Webinar yang dilaksanakan pada tanggal 20 Juli 2020 itu dimeriahkan oleh Dr. Novizal Wendry, MA, dosen IAT UIN Imam Bonjol Padang sebagai Narasumber dan dihadiri oleh ratusan peserta dari berbagai perguruan tinggi agama Islam di Indonesia.

Dr. Novizal Wendry, MA menyajikan data-data dan wacana menarik terkait studi hadis kawasan.   Ia menyebutkan, berbagai daerah di Indonesia memiliki potensi tersendiri dalam studi hadis kawasan. Ini mengingat banyaknya jaringan ulama hadis yang tersebar di Nusantara dan memberi warna tersendiri bagi studi hadis.

Paradigma studi hadis kawasan sebenarnya sudah ada genologinya sejak zaman Rasulullah. Ini dapat dilihat dari pusat-pusat pembelajaran hadis yang pernah ada ketika itu. Dalam hal ini, hadis baik pemahaman maupun pengamalan, tidak hanya bertumpu pada aspek tekstual namun juga aspek lokalitas kawasan juga menjadi bagian yang tidak terpisah dari pemahaman kontekstual.

Ketua prodi Ilmu Hadis UIN Sunan Kalijaga yang juga ketua ASILHA, Dr. Muhammad Fatih Suryadilaga berkomitmen akan terus melakukan webinar agar wacana ilmiah tentang studi hadis di tengah pendemi tidak terhenti. Selain itu, ia juga berharap semua prodi Ilmu hadis anggota ASILHA turut berpartisipasi dalam acara tersebut, baik sebagai peserta maupun narasumber [.]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *